lg

lg
Sabtu, 20 Desember 2014
0 komentar

Saudaraku Jauhilah Hasad...!!!



Hasad..?!.. iya itulah sebutannya..sikap hasad seringkali menghinggapi pada diri seseorang, terlebih lagi apabila yang di hasadi adalah teman sepadannya, kadang terjadi diantara teman di kantor, di sekolah atau bahkan di bangku ma'had (pondok pesantren)..

Oleh karena nya..Seorang 'Ulama Besar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahullohu ta'ala berkata : Tidak lah jasad ini lepas dari sikap hasad, namun orang yang mulia akan menyembunyikan nya dan orang yang tercela akan menampakkannya.. 

- Kali ini Saya akan sedikit menjelaskan tentang definisi hasad, hukum dan ciri2 orang yang hasad begitu juga cara mengobatinya..bi idznillah..

- 1 - Hasad adalah Ber angan-angan agar keni'matan Alloh yang di anugerahkan kepada orang lain hilang darinya..
- Ada juga yang mengatakan : Benci terhadap suatu ni'mat yang Alloh anugerah kan kepada seseorang..
- maka definisi yang pertama lebih masyhur (dikenal) di sisi para 'ulama, dan yang ke dua adalah definisi yang di pilih oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh ta'ala..
- Sehingga sekedar benci / tidak suka terhadap suatu nikmat yang Alloh anugerahkan kepada seseorang sudah teranggap hasad.. wal 'iyadzubillah.. 


- 2 - Hukum Hasad : Adapun tentang hukum nya, maka Al imam Ibnul 'Utsaimin telah menjelaskan bahwa hasad adalah Haram tidak di perbolehkan..
- Sebab Nabi Shollallohu 'alaihi wa sallam melarang dan memperingat kan nya ..sebagaimana yang tertera di dalam sebuah hadits yang di riwayat kan oleh al imam muslim bahwa Nabi Shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda: ( لا تحاسدوا ) - "artinya".. janganlah kalian hasad.."..

- 3 - Ciri atau Tanda2 orang yang hasad..
- Adapun ciri atau tanda2 nya diantara nya sebagai berikut;
➡ - Ia senang jika mengetahui kesalahan teman nya.. bahkan ia sangka bahwa kesalahan teman nya lebih besar dari pada kesalahan selain nya..
- Sehingga setiap kali ia mengetahui kesalahan teman nya bertambah pula kesenangan nya.. la ilaha illalloh..!!..
➡ - Tidak mau menyandar kan suatu ke utamaan / faidah kepada saudaranya.. padahal termasuk keberkahan suatu ilmu adalah dengan menyandarkan kepada pemilik nya.. sebagaimana yang diterangkan oleh Para 'Ulama, seperti Imam An nawawi.. dlm (Bustanul 'arifin)..
➡ - Senang dengan tidak hadir nya saudaranya pada permasalahan yang ia berseteru padanya.. ia sangka bahwa dengan tidak hadir nya saudaranya akan mengangkat derajat dan kedudukannya.. Subhanalloh..!!.. 


- 4 - Lalu bagaimanakah cara mengobatinya..?..
Di dalam kitab Ma'alim fi toriq tolabil 'ilmi disebutkan diantaranya sebagai berikut;
->  Mendo'a kan nya di saat saudara nya tidak mengetahui.. maka apabila didalam hati mu tertimpa hasad kepada seseorang, segeralah do'akan untuk nya..
->  Mengunjungi nya dan menampak kan apa yang ia punyai berupa keutamaan.. 

- dahulu terkadang para 'ulama mengunjungi murid2nya.. dan menjadikan hal itu sebagai salah satu bentuk Ibadah dalam mendekat kan diri kepada Alloh Ta'ala..
->  Meminta bimbingan atau meminta nasehat kepada Nya.. - sebab dengan meminta bimbingan atau nasehat kepada Nya, akan menjadikan rasa kecintaan untuk Mu..
- dan sesungguhnya hal ini sangat lah sulit, namun akan mudah bagi siapa yang Alloh beri kemudahan untuk Nya, Masya Alloh.. 


- dengan demikian wahai .. SAUDARAKU JAUHI LAH HASAD .. !! ..

- Sesungguh nya hasad akan mencegah dari berkah Nya Ilmu..
- terlebih lagi apabila hasad menimpa seorang penuntut ilmu, maka akan rusak lah jalan yang ia tempuh di dalam mencari ilmu .. wal 'iyadzubillah..!!.. 


- dan sesungguh Nya , permusuhan yang di bangun karena hasad maka akan lebih hebat dan lebih memberikan pengaruh, dari pada permusuhan selain Nya.. 


- oleh karena Nya berkata seorang penyair.. :


- Segala permusuhan di harap kan akan kesatuan dan perdamaian nya
kecuali permusuhan orang yang memusuhi mu karena hasad..

..Coba perhatikan lah !! apa yang menyebab kan Iblis la'natulloh 'alaih di keluarkan dari surga..??.. 

- tidak lain itu di sebabkan karena HASAD.. wal 'iya dzubillah..

- oleh karena Nya jika engkau menyaksikan teman Mu, ia diberikan oleh Alloh apa-apa yang tida diberikan kepada mu.. maka ber hati-hatilah..!! Jangan sampai terbesit pada diri mu sikap hasad, maka jika ada sedikit saja pada diri mu dari sikap hasad, segeralah meminta ampun kepada Alloh Ta'ala, dan mintalah kepada Nya agar Alloh mencintai teman mu dan mencintaimu. 


- ingat lah Firman Alloh Ta'ala menjelaskan etika orang yang memusuhi kita; yang artinya; - "Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan, seolah-olah telah menjadi Teman yang sangat Setia." - Qs, Fushshilat 34.

- Maka bagaimana kah apabila hasad terus ada di antara kita..??.. terlebih lagi pada penuntut ilmu..!?..

.. نسأل الله السلامة والعافية وأن يجنبنا من العداوة والبغضاء والحسد وأن يئلف بين قلوبنا علي الإيمان وأن يثبتنا علي الأخوة الإيمانية لا علي اتباع الشهوات والأهواء.. آمين إن ربنا لسميع الدعاء..

 المصدر : كتاب العلم لإبن العثيمين و معالم في طريق طالب العلم لعبدالعزيز السدحان.
 

 ✏  oleh ; Abul yaman

* عفاالله عنه * 


 Daar - el - hadeeth - Gombong.

— حرسهاالله —
 

Thalab Ilmu Syar'i

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih, sudah berkunjung di blog www.pemetik-ilmu.blogspot.com. Semoga bermanfaat ...


 
Toggle Footer
Top